Jumat, 10 Mei 2013

RESUME “PENENTUAN HARGA PERMINTAAN DAN PENAWARAN”

Untuk resume yang pertama, saya akan membahas tentang Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran, dimana pengertiannya sebagai berikut :

Ø Pengertian Harga  

Harga adalah suatu nilai tukar dari produk, barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter. Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa. Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang akan di peroleh. 

Ø Pengertian Permintaan

Permintaan adalah jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.

Ø Pengertian Penawaran

Penawaran adalah jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi. 


Ada pula faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, yaitu sebagai berikut :

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan

1. Selera
2. Pendapatan konsumen
3. Harga Barang Jasa Pengganti / Pelengkap
4. Intensitas Kebutuhan Konsumen


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran

1. Biaya Produksi dan Teknologi yang digunakan
2. Tujuan Perusahaan
3. Pajak
4. Tingkat teknologi yang digunakan
5. Perkiraan harga barang di masa datang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar