Jumat, 10 Mei 2013

RESUME "PERILAKU KONSUMEN"

Untuk resume yang kedua ini, saya akan membahas tentang Perilaku Konsumen, dan pengertiannya adalah sebagai berikut :

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Konsumen adalah seseorang yang menggunakan barang atau jasa. Konsumen diasumsikan memiliki informasi atau pengetahuan yang sempurna berkaitan dengan keputusan konsumsinya. Mereka tahu persis kualitas barang, kapasitas produksi, teknologi yang digunakan dan harga barang di pasar. Mereka mampu memprediksi julah penerimaan untuk suatu periode konsumsi. Berikut ini adalah wujud dari konsumen.


Selanjutnya adalah faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu sebagai berikut :

I. Faktor Sosial
a. Group
b. Family Influence
c. Roles and Status

II. Faktor Personal 
a. Economic Situation 
b. Lifestyle 
c. Personality and Self Concept 
d. Age and Life Cycle Stage 
e. Occupation 

III. Faktor Psychological 
a. Motivation 
b. Perception 
c. Learning 
d. Beliefs and Attitude 

IV. Faktor Cultural 
a. Subculture 
b. Social Class 

Yang terakhir ada 10 perilaku konsumen Indonesia, yaitu sebagai berikut : 

1.   Berpikir jangka pendek (short term perspective).
2.   Tidak terencana (dominated by unplanned behavior).
3.   Suka berkumpul (sosialisasi).
4.   Gagap teknologi (not adaptive to high technology).
5.   Berorientasi pada konteks (context, not content oriented).
6.   Suka buatan Luar Negeri (receptive to COO effect).
7.   Beragama(religious)..
8.   Gengsi (putting prestige as important motive).
9.   Budaya lokal (strong in subculture).
10. Kurang peduli lingkungan (low consciousness towards environment).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar