Untuk resume kali ini, saya akan membahas tentang Struktur Pasar, yang mana pengertiannya adalah sebagai berikut :
Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
Berikut adalah beberapa jenis struktur pasar, yaitu :
- Persaingan Sempurna.
Persaingan sempurna akan terjadi jika produsen-produsen secara individual di pasar tidak bisa mempengaruhi harga.
- Pasar Monopoli.
Monopoli terjadi jika suatu perusahaan bertindak sebagai penjual tunggal dari suatu barang yang tidak mempunyai subtitut, dengan kata lain, perusahaan tunggal tersebut sekaligus pula sebagai industrinya.
- Persaingan Monopolistik.
Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek/merupakan cirri dari produk masing-masing.
- Pasar Oligopoli.
Oligopoli adalah struktur pasar di mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri.
- Pasar Duopoli.
Duopoli adalah suatu pasar di mana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.
a. Menurut segi fisiknya, pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya :
1. Pasar tradisional
2. Pasar raya
3. Pasar abstrak
4. Pasar konkrit
5. Toko swalayan
6. Toko serba ada
b. Berdasarkan jenis barang yang dijual, pasar dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya :
1. Pasar ikan
2. Pasar sayuran
3. Pasar buah-buahan
4. Pasar barang elektronik
5. Pasar barang perhiasan
6. Pasar bahan bangunan
7. Bursa efek dan saham
c. Sedangkan menurut luas jangkauan, pasar dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya :
1. Pasar daerah
2. Pasar lokal
3. Pasar nasional
4. Pasar internasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar